Kamis, 20 Juni 2019

Kandungan dan Khasiat Daun Pepaya

Daun pepaya adalah salah satu tipe sayuran yang diolah pada saat tetap muda menjadi makanan yang lezat serta bergizi tinggi. Disamping bisa diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya bisa pula dijadikan obat untuk beberapa tipe penyakit. Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia.Apabila daun pepaya dilipat cocok di tengah, maka bakal nampak bahwa daun pepaya berbentuk simetris.
Kandungan dan Khasiat Daun Pepaya

Pepaya adalah tanaman yang berasal dari benua Amerika cocoknya Meksiko. Pepaya yang mempunyai nama latin Carica papaya ini masuk dalam keluarga Caricaceae. Tidak hanya dimakan begitu saja sebagai buah masak, pepaya yang tetap muda biasa dimasak sebagai tumis.

Begitu juga dengan daun pepaya, tak jarang dijadikan sebagai lalapan kawan makan sambal. Tetapi, kegunaaan daun pepaya bukan hanya sebatas lalapan kawan makan nasi. Sejak zaman dahulu kala daun pepaya telah dijadikan sebagai obat tradisional yang sanggup menanggulangi beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan ramuan daun pepaya antara lain cacingan, malnutrisi pada bayi, demam berdarah, serta nyeri haid. Bahkan menurut penelitian terakhir daun pepaya juga sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan Gizi

Daun pepaya mempunyai kandungan gizi yang lumayan beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, serta air 75,4 gram per 100 gram. Daun pepaya juga mengandung carposide yang bisa berkegunaaan sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi jadi menjadikan rasanya pahit, tetapi zat ini justru bersifat stomakik yaitu bisa menambah nafsu makan.
Kegunaaan Daun Pepaya untuk Kesehatan

Mengobati Demam Berdarah
Demam berdarah bisa diatasi dengan memakai daun pepaya. Caranya ambil 5 lembar daun pepaya alias secukupnya saja kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusa daun pepaya tersebut diminum sekaligus. Sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkomsumsi daun pepaya ini kecuali apabila telah dalam bagian mengkhawatirkan.

Menambah Nafsu Makan
Untuk menambah nafsu makan, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, serta air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk alias diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Mengobati Nyeri Haid
Campuran daun pepaya serta asam jawa, lumayan manjur dalam menanggulangi rasa nyeri dampak dtang bulan. Caranya, sediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya serta air dicampurkan serta direbus hingga matang. Untuk khasiat yang lebih baik sebaiknya diminum selama hangat.

Melancarkan Pencernaan
Kandungan dalam daun pepaya yang dinamakan karpain sangat baik untuk saluran pencernaan kami karna karpainlah yang menolong membunuh micro organisme yang mengganggu dalam pencernaan kita. Caranya dengan mengkonsumsi daun pepaya sebagai kawan makan nasi alias lalapan.

Masker Anti Jerawat
Selain berguna bagi kesehatan, daun pepaya juga berkhasiat untuk kecantikan khususnya dalam menghapus jerawat. Tutorial memakainya daun pepaya wajib di keringkan terlebih dahulu, kemudian dilumatkan serta dicampur dengan air baru kemudian diusapkan ke wajah semacam halnya dengan masker pada umumnya.

Senyawa Antikanker
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang serta daun pepaya mengandung tak sedikit getah putih semacam susu (white milky latex), yang berkesempatan dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kami mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan tutorial apa pun.

Mengobati Sakit Perut Balita
Bagi para bunda yang mempunyai balita sakit perut kembung, bisa diobati dengan memakai ramuan daun pepaya. Caranya sediakan 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, kapur sirih secukupnya. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama hingga halus. Gunakan sebagai bedak serta dioleskan pada perut balita yang sakit.

Ketidak lebihan Nutrisi pada Balita
Daun pepaya kaya dengan vitamin serta mineral. Apabila balita kamu mengalami ketidak lebihan nutrisi gunakan daun pepaya untuk menanggulanginya. Siapkan 1 lembar daun pepaya, cuci bersih kemudian direbus dengan 1,5 gelas air hingga mendidih, saring untuk diambil airnya. Lalu diminumkan pada balita dua sendok makan setiap hari.

Kegunaaan lainnya
Selain beberapa kegunaaan diatas, daun pepaya juga bisa dipakai untuk melunakkan daging. Apabila Kamu ingin memasak daging, supaya empuk rebus daging bersama dengan daun pepaya. Tapi jangan terlalu tak sedikit sebab rasanya bakal menjadi pahit.