Sabtu, 22 Agustus 2020

Tirta Lie dari Iseng Sampai Raih Rekor MURI

Tirta Lie dari Iseng Sampai Raih Rekor MURI-Tirta Lie dikenal sebagai seorang pakar dalam dunia kuliner bakmi. Kisah Tirta dan bakmi padahal dimulai dari keisengannya bersepeda di pagi hari.

Tirta Lie dari Iseng Sampai Raih Rekor MURI

Dari bersepeda pagi tersebut ia mulai mencicipi bakmi dari satu tempat ke tempat lain hampir di seluruh Jakarta. Tirta Lie iseng setiap habis subuh saya sepedaan pagi. Jam lima pagi saya sudah keluar ke mana saja. Rumah saya di Gajah Mada tapi saya bisa bersepeda sampai ke Lebak Bulus, Kelapa Gading.

Saya pulang biasanya jam tujuh atau delapan pagi, jam segitu saya lapar karena belum makan apa–apa. Biasanya jam segitu adanya bakmi jadi saya makan lah bakmi. Lalu ia berinisiatif untuk memotret bakmi–bakmi enak yang pernah ia kunjungi. Ia ulas dengan bahasa yang mudah dipahami dan ia unggah di halaman Facebook.

Namun, pada akhirnya, temannya menyarankan untuk menulis tulisan–tulisannya tersebut ke dalam blog. Dan ternyata setiap hari orang yang membaca tulisannya di blog-nya mencapai ribuan orang. Sementara ia terus melanjutkan mengeksplor tempat–tempat makan bakmi sampai tak terasa 1.000 tempat telah ia kunjungi.

Ia mengaku, dalam menemukan tempat–tempat bakmi tersebut ia lakukan sendiri dan menggunkan uang pribadinya. Sebab, saat itu ia memiliki pedoman untuk memberikan informasi  kepada masyarakat dengan sejujur–jujurnya. Sudah saatnya masyarakat mendapatkan informasi yang murni dan jujur. Uang bisa didapatkan dengan cara lain yang paling penting adalah persahabatan.

Dengan melakukan dengan ikhlas, ia pun kini menuai  hasil kebaikannya. Ia diganjar penghargaan Rekor Muri sebagai ‘Pengunjung dan Peresensi Rasa Bakmi Terbanyak’. Tak hanya itu, ia pun  bisa mengadakan Festival Bakmi untuk menyatukan penjual–penjual bakmi yang menjual bakmi dengan rasa lezat.

Tirta Lie adalah salah satu kuliner bakmi dapat ditemukan mulai dari bakmi di kaki lima, rumah makan, hingga restoran. Namun terkadang para pembeli lupa cara menikmati bakmi tersebut dengan benar. Spesialis bakmi seorang food blogger, Tirta Lie menjelaskan cara yang benar untuk dilakukan kala Anda menikmati bakmi.

 

Bagaimana Tirta Lie dari Iseng Sampai Raih Rekor MURI?

 

Selain itu, dia adalah Tirta Lie yang awalnya kulineran adalah pekerjaan iseng semata. Sebab dia bekerja di bidang elektronik. Namun setelah mencoba untuk pertama kalinya tahun lalu merasa ketagihan. Dalam seminggu, dia pasti memakan dua atau tiga bakmi.

Cerita bermula saat ia yang gemar olahraga bersepeda di pagi hari kelaparan setelah mengayuh sepeda dengan jarak yang tidak dekat. Bisa dari rumahnya di Gajah Mada sampai ke Lebak Bulus. Bahkan sampai Kelapa Gading. Keluar rumah pukul lima pagi dan selesai bersepeda pukul tujuh sudah mulai lapar.

Jadilah ia mencari sarapan. Kala pagi hari, Tirta Lie pilihannya hanya nasi uduk, bubur ayam dan bakmi. Jika nasi uduk kekenyangan, bubur begitu-begitu akhirnya saja, saya pilih bakmi. Dari mulai satu bakmi ia pun mencoba hingga sampai seribu bakmi. Ia pun mendapatkan rekor MURI untuk Pengunjung dan Peresensi Rasa Bakmi Terbanyak.

Sementara orang di Indoensia yang makan bakmi hampir seribu tempat. Itu saya kumpulkan semua. Sebenarnya basic Tirta Lie bukan orang kuliner. Karena perjalanan saya itu akhirnya nyambung. Saya membuat Blog yang terkenal, sampai blog saya jadi kamus. Siapapun mau makan bakmi keluar semua ada 600 lokasi bakmi dalam kategori besar yang saya masukkan.